Assalamu'alaikum wr wb, Selamat Datang, Anda memasuki Flamboyan. Berbagi Informasi, Diskusi dan Silaturahmi untuk Kebaikan. Klo punya ide, saran jangan lupa di sharing ya. Selamat membaca.

Rabu, 26 November 2008

Asap Rokok Ubah Bentuk Jantung

Asap rokok yang terhisap tidak saja meninggalkan risiko terserang penyakit. Tetapi diyakini juga mampu mengubah bentuk jantung. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan dari University of Illiones, Chicago, Amerika Serikat membuktikan itu. Dalam penelitian yang di terbitkan di European Journal of Herath Failure baru-baru ini peneliti menggunakan tikus sebagai hewan percobaan Peneliti menghembuskan asap rokok ke dalam kandang tikus selama lima minggu.
Tikus yang selama lima minggu menghirup asap rokok kemudian diperiksa dengan echocardiography. Jaringan jantung juga diperiksa dengan mikroskop untuk mendeteksi protein tertentu. Hasilnya menunjukkan asap rokok memiliki peran penting dalam perubahan bentuk bilik jantung kiri, jantung memompa ruang utama lebih cepat dari biasanya sehingga berimbas pada peningkatan enzim di otot jantung. "Reaksi inilah yang menyebabkan jantung tikus mengalami perubahan bentuk," kata Mariam Piano, guru besar ilmu kesehatan biobehavioral di UIC College of Nursing yang juga pemimpin penelitian.
dari air seni tikus itu, peneliti juga menemukan peningkatan kadar norepinephrine, yakni hormon yang dihasilkan saat jantung mengalami tekanan yang dapat menyebabkan jantung tikus mengalami tekanan yang dapat menyebabkan sejumlah perubahan psikologis . Asap rokok yang terhisap tikus itu memacu reaksi enzim mitogen-enzim ini diaktifkan protein kinases yang memerintahkan pertumbuhan sel pertumbuhan dalam ototjantung. "Aktivasi enzim itu mungkin salah satu yang bisa dijadikan indikasi bahwa asap rokok juga dapat menimbulkan cedera pada jantung," tambah Piano. Tim info Tempo

1 Komentar:

Blogger Flamboyan mengatakan...

iiihhh, bahaya bangets. yang perokok ayo belajar dan berhentilah secara bertahap, baik untuk kesehatan sendiri juga baik untuk kesehatan orang di sekitarnya.

26 November 2008 pukul 05.19

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda