Assalamu'alaikum wr wb, Selamat Datang, Anda memasuki Flamboyan. Berbagi Informasi, Diskusi dan Silaturahmi untuk Kebaikan. Klo punya ide, saran jangan lupa di sharing ya. Selamat membaca.

Kamis, 27 November 2008

SARAN DAN APLIKASI MENTAL BULIDING

PRINSIP SATU-STAR PRINCIPLE
1. Bekerjalah Karena Allah, bukan karena pamrih kepada orang lain. Maka Anda akan memiliki integritas yang tinggi, yang merupakan sumber kepercayaan dan keberhasilan.
2. Jangan berprinsip kepada yang lain selain Allah. Jangan berprinsip pada sesuatu yang labil dan tidak pasti seperti harta, nafsu hewani, kedudukan , penghargaan orang lain atau apapun selain Allah. Yakinlah, dengan hanya berprinsip kepada-Nyalah akan membuat mental Anda lebih siap menghadapi kemungkinan apapun di hadapan Anda.
3. Lakukanlah sesuatu dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya karena Allah, dan ingatlah selalu Allah Yang Maha Tinggi. Maka Anda akan mendapatkan hasil yang jauh berbeda dan januh lebih baik.
4. Berpedomanlah selalu pada sifat-sifat Allah, selalu seperti ingin maju, ingin selalu adil, ingin selalu memberi kasih sayang, ingin selalu kreatif dan berinovasi, berfikir jernih, mau belajar, ingin selalu bijaksana dan ingin selalu memelihara.
5. Bangun kepercayaan dari dalam diri, jangan karena penampilan fisik tetapi iman Andalah yang akan memancarkan kharisma diri Anda.
6. Bangun motivasi Anda karena Anda adalah makhluk Allah yang sempurna, dan Anda adalah wakil Allah. Raihlah cita-cita dan harapan Anda dengan kemauan yang kuat membara.
7. Dzikirlah dengan Laa ilaaha illallah

PRINSIP DUA-ANGEL PRINCIPLE
Apabila bekerja, kerjakanlah sesuatu dengan tulus, ikhlas dan jujur, seperti malaikat. Ingatlah bahwa Anda bekerja karena Allah bukan karena yang lain, jadikan ini ibadah kepada Allah. Berprestasilah dengan setinggi-tingginya di setiap pekerjaan, karena Allah melihat Anda. Tidak perlu minta diawasi oleh orang lain, atau meminta penghargaan dari orang lain, biarlah Allah yang menghargai, bukan mereka. Jangan setengah-setengah. Anda akan meraih kepercayaan! Ingat integritas adalah sumber persahabatan dan kepercayaan.

PRINSIP TIGA-LEADERSHIP PRINCIPLE
1. Berilah perhatian kepada semua orang dengan tulus agar Anda dicintai dan binalah selalu tali hubungan persahabatan.
2. Bantu orang lain dengan ikhlas, pelajari apa tangisan dan apa impian mereka, lalu bantulah mereka.
3. Selalu mau mengajari dan mendidik orang lain yang membutuhkan bimbingan.
4. Jagalah sikap dan tingkah laku Anda, karena hal ini bisa meningkatkan bahkan menurunkan kepercayaan dari diri Anda, dan ini akan berpengaruh pada lingkungan Anda.
5. Jadilah pemimpin karena pengaruh Anda, bukan karena hak Anda.
6. Dengarkanlah selalu suara hati, pimpinlah hati mereka bukan kepala mereka.
7. Jadikanlah Rasulullah sebagai suri teladan.

PRINSIP EMPAT-LEARNING PRINCIPLE
1. Baca buku-buku, teruslah belajar. Jikalau Anda malas membaca, cukup baca satu lembar saja perhari. Ingatlah bahwa membaca koran atau majalah bukanlah dikatakan “membaca”, karena isinya banyak merupakan informasi atau gosip yang selalu mempengaruhi pikiran Anda.
2. Baca selalu situasi lingkungan Anda, pelajari dan analisa, ambil selalu hikmahnya, kemudian upayakan suatu langkah perbaikan dan penyempurnaan.
3. Bacalah Al Qur’an dan Hadis, jangan hanya bunyinya saja, namun ambillah makna dan inti sarinya.
4. Apabila Anda sedang bingung untuk mengambil keputusan, carilah petunjuk dalam Al Quran dan Hadis. Insya Anda akan melihat jawaban dari setiap permasalahan yang Anda temui.
5. Baca lingkungan dan situasi, bandingkan dengan Ilmu Islam yang Anda miliki, nilailah dengan jernih, ambil filosofinya dan jadikan sebagai pelajaran yang berharga.
6. Perbaikilah kembali.
7. Baca Al-Qur’an.

PRINSIP LIMA-VISION PRINCIPLE
1. Miliki tujuan dan misi jangka pendek dan jangka panjang.
2. Bedakan mana pekerjaan penting dan mana pekerjaan yang tidak penting!
3. Tentukan mana yang harus di prioritaskan. Ingat orang yang sibuk itu ada dua jenis: sibuk mencapai tujuan dan sibuk mengisi waktu.
4. Mulailah bekerja dengan doa dan target yang jelas.
5. Buat rencana kerja untuk esok hari pada sore atau malam hari.
6. Evaluasilah setiap pekerjaan yang dilakukan hari ini pada sore atau malam hari.
7. Tuliskan pada buku harian Anda .
8. Buat target kerja tahunan, bulanan, bulanan, mingguan dan harian.
9. Laksanakanlah dengan penuh komitmen dan kekonsistenan.

PERINSIP ENAM-WELL ORHANIZED PRINCIPLE
1. Buat semuanya serba teratur dalam suatu sistem.
2. Tentukan rencana atau tujuan Anda secara jelas.
3. Bagaimana organisasinya dan faktor-faktor pendukung.
4. Bagaimana sistem motivasinya, agar semuanya bergerak sesuai harapan?
5. Bagaimana sistem pengawasan dan kontrolnya agar sesuai dengan rencana?
6. Laksanakanlah dengan sangat disiplin, karena kesadaran diri, bukan karena orang lain.
7. Ikhlas.

Di kutip dari: New Edition Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient The ESQ Way 165 1 Ihsan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam Ary Ginanjar Agustian Hal: 242-245.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda